Berbagi Cinta di Stasiun

Rebecca, relawan "Cinta Stasiun JKT" sedang berbagi cinta

Stasiun Beos selama dua (sore) hari berturut-turut, 28 dan 29 Januari 2009, mendapat sebaran brosur “Cinta Stasiun Jakarta Kota”. Brosur ini berisi empat buah foto Stasiun Beos tercinta. Foto pertama adalah foto tua (diperkirakan sekitar tahun 1929 – 1930an) berwarna kecoklatan, foto kedua adalah foto stasiun Beos tahun 1988, foto ketiga tahun 2009, dan foto keempat adalah foto rekayasa digital dari stasiun Beos, menggambarkan perkiraan kondisi stasiun pada tahun 2019 – sepuluh tahun kemudian. Pada saat itu kondisi stasiun kota dipenuhi oleh papan reklame, di bagian belakangnya berdiri bangunan gigantis megah, sementara pagar menutupi pintu utama bertambah kuat. Brosur yang dibagikan merupakan satu dari dua media – disamping blog ini – yang mencoba memperkuat kecintaan warga pada Stasiun Jakarta Kota, alias Beos ini.

pasukan21

Hari pertama penyebaran dilakukan oleh tiga orang. Hari kedua penyebaran dilakukan oleh delapan mahasiswa dari desain komunikasi visual Universitas Tarumanagara. Reaksi para pengguna stasiun beragam: ada yang acuh, bahkan menolak brosur yang dibagikan, walau telah dijelaskan bahwa brosur gratis. Ada pengunjung yang meminta lagi untuk dibagikan kepada kawan kawannya. Ada pengamen yang berinisiatif untuk ikut membagi di atas KRL. Selama dua hari itu telah berhasil disebarkan sekitar 3000 lembar brosur.
kurniasebar1

Selain di stasiun brosur juga dibagikan di Fakultas Teknik Arsitektur Univeristas Tarumanagara, pada saat pemutaran film dokumenter mengenai seorang arsitek ternama Louis I. Kahn yang berjudul “My Architect” . Acara itu dipandu oleh dosen sejarah Arsitektur Untar, Muhammad Nanda Widyarta. Brosur kemudian juga dibagikan di Senayan City dalam pameran Jakarta 32 yang merupakan bagian dari Jakarta Biennale 2009.

totostasiun21

Tim distribusi yang terlibat: Gran Freskito, Koes Hargianto, Wira Lautama, William Budiana, Marianus Harmita, Albert Darmawan, Rebecca Goeinawan, Thomas Edison, Enrico Halim, Toto M. Mukmin, Kurnia Setiawan, Arief Adityawan S.

pasukan52

Advertisements

Leave a comment

Filed under Pandangan Mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s