Green Map di Halte Busway

Peta hijau tergantung di halte busway

Peta hijau tergantung di halte busway

Sekarang di beberapa halte busway di Jakarta, kita dapat melihat sebuah peta berwarna kehijauan tergantung dengan bingkai berwarna merah. Bila kita dekati tertera logo bola dunia dengan tulisan Green Map atau Peta Hijau. Dalam peta itu kita dapat melihat lokasi lokasi yang menunjukkan tempat tempat kebudayaan seperti museum, galeri, perpustakaan, seelain juga taman-taman kota. Green Map adalah sebuah aktivitas pemetaan lokasi lokasi yang memiliki nilai nilai sosial budaya dan lingkungan hijau berkelanjutan di kota kita masing-masing. Pegiat yang melakukan pemetaan itu adalah para sukarelawan yang menyadari pentingnya lingkungan di sekitar kita. Di Indonesia Peta Hijau telah dimulai oleh Marco Kusumawijaya bersama majalah aikon! bersama kawan-kawan sukarelawan lainnya sejak tahun 2001.

Peta Hijau kota Jakarta

Peta Hijau kota Jakarta

Green Map berpusat di New York, Amerika Serikat dan telah berdiri sejak tahun 1995, berkembang secara kolaboratif hingga menyebar ke 550 kota dan desa di 54 negara. Moto Green Map adalah Think Global, Map Local. Tujuan Green Map adalah: 1) memperkuat jaringan jaringan berkelanjutan di tingkat lokal-global, 2) mengembangkan kebutuhan akan pilihan yang lebih sehat dan lebih hijau, 3)membantu inisiatif yang sukses untuk berkembang ke komunitas yang lebih luas.

gms_logo_green_en gms_logo_green_id

Menurut para pegiat Peta Hijau sebagaima tertulis dalam blog mereka: http://petahijau.wordpress.com/about/#comment-2307, Green Map adalah peta yang dibuat oleh komunitas lokal yang memetakan potensi alam dan budaya suatu kawasan. Dengan menggunakan metode yang mudah diadaptasi serta konsep ikon Green Map sebagai bahasa visual global untuk menyoroti sumberdaya-sumberdaya kehidupan. Green Map memetakan segala tempat dan fenomena, baik yang bernilai positif maupun negatif dan bertujuan untuk membantu masyarakat melihat, menilai, menghubungkan, serta peduli terhadap lingkungan tempat mereka berada.

home-icons

 
Masih menurut blog mereka, Green Map System sebagai sebuah gerakan budaya dan lingkungan memiliki sifat langsung, demokratis, bersumber pada pengetahuan lokal, serta bertanggung jawab. Setiap kelompok atau komunitas pemeta hijau dikoordinasikan oleh individu-individu yang memiliki komitmen, pengetahuan, kemampuan berjejaring, semangat, dan kreativitas dalam membangun suatu inisiatif bersama.

Teks:

Arief Adityawan S.
Foto dan Gambar
– Foto oleh Arief Adityawan S.
Gambar:
http://petahijau.wordpress.com/about/#comment-2307
http://www.greenmap.org

Advertisements

Leave a comment

Filed under Pandangan Mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s